Sebelum
menggambar, kita harus menyiapkan alat-alat untuk menggambar bukan?,
yup alat-alatnya sederhana kok, cuma pensil, penghapus, kertas sudah,
itu ajah kok bagi pemula., awalnya saya waktu masih pemula, dulu saya
pun juga jelek menggambar anime,...kaki begini lah masa, kaki kiri ama
kaki kanan beda tingginya,...semakin kita tahu caranya menggambar
semakin bertambah skill kita, yup, BLOG ini akan menambah skill
menggambar kamu hingga bisa menggambar seperti komikus-komikus
terkenal,....yo KITA PELAJARI!!..
Gambar diatas dan disamping merupakan
contoh mata yg akan kau gunakan dalam karyamu, terserah anda mau
mengarang sendiri atau mengambil dari saya juga boleh hhe,..nah
selanjutnya cara menggambar mata,..
Gambar
diatas adalah contoh rambut, jika anda ingin menggambar perempuan,
pilihlah sesuai selera anda,...dan kalau ingin menggambar dengan cara
sendiri juga boleh,....dan
Ini
adalah contoh rambut laki-laki, hmmm,..mungkin tidak terlalu banyak,
hhe,..gpp yang terpenting, kita pelajari saja dulu yg ada,.....yuk kita
mulai membuat sketsanya,...
MENGGAMBAR BIBIR/MULUT MANGA
Manga
tidak lengkap tanpa kehadiran mulut hahahah XD, yah bisa dibilang,
mulut yang menentukan bagus atau tidaknya suatu manga, (katanya)...
Expresi mulut harus diimbangi dengan Expresi muka, kalau marah ya
marah, kalau senang ya senang, contohnya diawabah ini
Gambar disamping merupakan contoh-contoh membuat mulut. Tambahkan muulut mulut ini di Character yg anda buat
Jika ingin menggambar anime dengan benar, ikuti langkah langkah dibawah ini,...
1.
Buatlah lingkaran dengan satu garis vertikal, dan dua garis horizontal,....
2.
3. Setelah
mengikuti langkah ke-2, sekarang msk ke langkah ketiga,Yaitu,
menggambar dagu,.....Disarankan Jangan terlalu besar dan jangan terlalu
kebawah, yah supaya hasilnya bagus,...ikutilah gambar disamping
4.
Nah,...Hampir
selesai tahap sketsa kepala,...Garis yg tertera dibawah alis adalah
tempat anda menggambar mata,...matanya bisa anda pilih pada gambar
diatas, di awal.nah jika anda sudah menggambar mata anda sesuka hati
anda,...dan rambut juga digambar,..setelah dua-dua itu kamu
turuti,..hasilnya akan seperti dibawah ini,...
Setelah
pelajaran sketsa wajah selesai, kita akan belajar sketsa badan, nah
ini yg kutunggu-tunggu, yup, yuk kita pelajari menggambar sketsa TUBUH,..!!
Nah,..kalo tubuh bisa liat tahap-tahap dibawah ini,....
Kalian juga bisa belajar menambah expresi karya kalian denga tangan dibawah ini
Sekarang kita menggambar tangan,.....Ikuti langkah dibawah ini
1.Pertama
gambar lingkaran lingkaran seperti gambar dibawah ini . Letakan titik
bulat didalam lingkaran oval tersebut. Kemudian titik ini akan
berguna untuk memudahkan menggambar dalam menentukan pusat dari
jari-jari yang nanti akan kita digambar.
2.kedua
gambar 5 buah garis lurus dengan berpusat pada titik pusat yang akan
menjadi jari-jari, dimana garis terpanjang adalah garis untuk jari
tengah. Gambar lingkaran oval diatas lingkaran oval pertama.
Dan hasilnya akan seperti gambar diatas,...
3. ketiga gambar
4 garis busur yang melewati ke empat garis yang panjangnya hampir sama
kecuali bagian jempol. Garis busur paling luar untuk menentukan batas
panjang dari jari. Lalu berikan titik titik untuk menentukan buku-buku
dari jari.
4.Keempat Mulailah
menggambar sketsa tangan dengan berpatokan pada garis garis bantu yang
telah dibat sebelumnya dan juga menggunakan inspirasi kita agar gambar
tidak terlalu buruk.
5.Kelima dari
gambar disamping dapat dilihat bahwa ibu jari ditekuk ke dalam.
Pergerakan Jempol dan perubahan bentuk yang terjadi pada pangkal
jempol. Agar gambar terlihat lebih alami maka tentukan dahulu titik
pusat rotasi pada pangkal ibu jari. Kemudian buatlah lingkaran dengan
radius yang digunakan adalah ibu jari (jempol).
6. Keenam
gambar tangan disamping dapat dimodifikasi dengan merubah posisi
jari-jari tersebut menjadi saling merapat menggunakan bayanagan,
sehingga panjang jari telujuk dan jari manis terlihat sama tingginya.
Atau
apa sajalah terserah kalian,...expresikan imajinasimu,..seperti apapun
gaya karyamu,...pastilah bagus,..makanya mencobalah,...
.
.:MENGGAMBAR TEKUKAN BAJU:.
Tingkat-1
Kita akan belajar menggambar lipatan baju yg tertekuk saat berjalan / duduk dll saat beraktifitas....
Oke langsung aja ke tema pembelajaran
Hal
paling penting untuk dipertimbangkan saat Anda menggambar pakaian atau
jenis kain arah kain akan ditarik masuk Folds disebabkan dimanapun
kain sedang diregangkan atau ditarik; mencari tahu bagaimana tepatnya
Anda ingin kain untuk memindahkan , dan sisanya cukup mudah. Selalu
ingat untuk mempertimbangkan angka di bawah pakaian, kain harus
mengungkapkan bentuk angka di bawahnya. Aku akan pergi ke detail lebih
lanjut tentang ini nanti.
Di
sebelah kiri adalah beberapa contoh jenis dasar lipatan. Perhatikan
pergerakan setiap contoh di; kain mengalir ke bawah di atas kiri dua,
karena mereka ditarik ke bawah oleh gravitasi. Jenis lipat akan pada
sesuatu yang menggantung longgar, seperti jubah atau baju panjang. Pada
contoh di bawah kanan kiri dan atas, kain tidak hanya ditarik oleh
gravitasi, tapi membentang ke kiri (mungkin oleh lengan yang bawah
pakaian). Lipatan menjadi lebih horizontal daripada vertikal makin jauh
membentang. Juga perhatikan bagaimana terkadang lipatan bersarang
dalam satu sama lain. Hal ini sering akan terjadi pada sendi atau
daerah di mana pakaian longgar adalah berkumpul up. Gambar Atas kanan
contoh yang sedikit
lebih kompleks dari sepotong kain yang lebih inert ditarik dalam viarety arah
Perhatikan bagaimana lipatan mengikuti arah kain ditarik masuk
Berikut
adalah beberapa contoh bentuk lipatan dasar. Di sebelah kiri, kain
ditarik ke bawah oleh gravitasi dan ke kanan oleh angin atau gerakan.
Salah satu kiri, strip panjang kain berkumpul di dekat bagian atas.
Ingatlah untuk menggunakan shading untuk memberikan bentuk yang lebih
subjek Anda. Umumnya, Anda naungan sepanjang garis lipatan, atau pada
tempat-tempat yang menurut Anda bayangan akan cor. Hal ini memerlukan
beberapa membiasakan diri. Ini membantu untuk melihat lipatan aktual
kadang-kadang untuk melihat mana untuk naungan. Kadang-kadang, aku akan
sketsa tirai atau handuk tergantung di kursi hanya untuk berlatih dan
mendapatkan merasa lebih baik tentang bagaimana pakaian yang berbayang.
Berikut adalah beberapa contoh yang lebih acak dari unsure dan beberapa lengan
Yang paling penting untuk dicatat di sini adalah bentuk lipatan pada sendi dari lengan di tengah.
Ini adalah beberapa lebih kompleks, tumpang tindih dan lipatan bersarang. Lebih detil anda menaruh ke dalamnya lipatan, semakin menarik akan terlihat. Di sebelah kiri, perhatikan bagaimana kain tandan di tempat itu diikat bersama-sama, berat kain menarik ke bawah dan menyebabkan kusut tambahan dan lipatan untuk membentuk di mana ia berkumpul bersama. Dasi itu sendiri yang diambil dengan banyak detail, dan kain di bawahnya longgar bertiup angin. Kain adalah berbayang di sekitar lipatan dan di ceruk-es yang dibentuk oleh kain. Pada gambar di sebelah kanan, panjang kain disampirkan di atas lantai; perhatikan bagaimana lipatan sarang di satu sama lain dan tumpang tindih, menciptakan efek yang menarik.
Hal lain yang saya ingin tunjukkan adalah ketebalan kain dalam pertanyaan. Kain di contoh disamping muncul tipis dari kain dalam contoh yang lebih rendah. Perhatikan kedua kerah. Disamping, tepi melingkar kerah terhubung langsung ke seluruh kerah, sementara di bawah, ada ruang antara pelek melingkar dan bagian vertikal. Hal yang sama berlaku dengan tepi jubah itu. Sedangkan pada contoh di atas, tepi yang renyah dan tipis, pada contoh bawah ada ruang ekstra antara pelek dan seluruh jubah itu. Ruang ekstra membuat pakaian terlihat lebih tebal dan berat.
ACTION KOMIK
oh iya, ada pemesan dari pembaca, banyak yg menggambar manga tapi blom menambahkan actionnya
ndak usah banyak omong, aq ksh materinya
Wah, bgus bnget.
BalasHapusthanks gan dah comment :)
Hapussorry baru bales :p
wah Thanks tipsnya,
BalasHapusbermanfaat bagi pecinta manga
thanks gan :)
BalasHapusLuar biasa gan
BalasHapus